Jumat, 08 Juni 2018

Mendesain Generasi

Bismillaah

Generasi seperti apa yang ingin aku desain?
Pemimpin?
Dia akan menjadi leader di usia berapa?
Tahun berapa?
Kondisi saat itu bagaimana?
Karakteristik zamannya bagaimana?

Setidaknya ada beberapa hal ya, Nak

1. Qur'ani. Mari jaga fitrahmu dengan Al-Qur'an, Nak. Jadikan Al-Qur'an menyatu dalam hati dan akhlakmu. Jadilah wajah Qur'an yang indah, Nak. Kenalilah Allah & Rasul-Nya serta agama ini, serta sosial, alam, bahasa, sejarah, geografi, astronomi, psikologi, fisika, biologi, kimia, dsb melalui Al-Qur'an ya, Nak. Sungguh Allah sudah menyampaikan pesan-Nya yang begitu jelas dan cerah cemerlang. Yakinlah, Nak. Hanya generasi Qur'ani yang akan memimpin jiwa-jiwa manusia yang gersang pada keimanan. Kesejahteraan spritual. Aamiin. Bismillah. Kau akan keliling dunia dengan Al-Qur'an, Nak. InsyaAllah. Melihat kebesaran-Nya. Ayat-ayat-Nya yang terbentang. Bahkan kelak tingkatan syurgamu, salah satunya bergantung pada seberapa dekat engkau dengannya, Nak. Allahummarhamna bil Qur'an...

2. Bahasa. Kuasailah beberapa bahasa ya, Nak. Untuk Nasional; jawa, sumatera, sulawesi, maluku, kalimantan, irian. Internasional; Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Asia, Yunani, Eropa, dan Bahasa spesifik lainnya. Karena dengan menguasai bahasa, kau bisa memahami informasi lintas negara, Nak. Bisa berkomunikasi, bersaudara, dan berbagi informasi lintas negara :) Bukankah membangun dunia ini tidak bisa sendiri? Kolaborasi lintas negara menjadi mutlak, sayang. Bismillaah.

3. Bidang profesional. Nah, ini silakan kembali pada dirimu, Nak. Bidang apa yang ingin kamu tekuni? Apapun itu, jadilah ahli di sana, Nak. Itu wajib. Apapun, silakan. Namun profesional & ahli di bidang yang kau pilih ya, Nak. Concern dengan isu tersebut. Bisa dijadikan rujukan yang berkualitas dan terpercaya karena kedalaman pengetahuan, keterampilan, ketajaman analisis, kekayaan pengalaman, serta karya yang sudah dilahirkan di bidang tsb. Lulus itu banyak, Nak. Namun yang memilih untuk terus belajar, mendalami, dan berbagi memanfaatkan ilmu tsb untuk membangun kehidupan masihlah sedikit, Nak. Mari jadilah satu diantara yang sedikit itu ya sayang. Itulah sarana juangmu, Nak. Jadilah bermanfaat. InsyaAllah, amal ilmiah itulah yang akan menjadi bekalmu di hadapan Allah. Setiap rasa syukur dan senyum orang yang kau temui dan rangkul-lah, yang akan menjadi sahabat dan saudaramu ketika menghadap Allah swt. Semoga. Bismillaah.

Jadi, Nak... Ibu belum tahu persis bagaimana kondisi zamanmu kelak. Namun Ibu berpesan hal tsb ya Nak.


Ohyaaaa, ada lagi.
1. Beladiri. Milikilah jiwa raga yang kuat ya, Nak
2. Kemampuan komunikasi & berbicara di depan umum. Sampaikanlah kebenaran walau satu ayat ya, Nak
3. Jaringan/relasi/teman/saudara yang banyak dan luas :)
4. Bisnis/usaha/dagang bos-nya Allah ya, Nak

Tidak ada komentar:

~ahlan wa sahlan~

kiko and miko are bestfriend :)