Jumat, 01 Juni 2018

Lima Tahun Berlalu

Bismillaah
Astaghfirullah walhamdulillah

sudah lima tahu berselang
sejak aku terakhir menulis di sini dan memutuskan hijrah ke wordpress
tapi tetap saja
rasanya ada rindu dan ingin kembali kesini
insyaAllah dua rumah ini akan aku gunakan
sebagai wadah bermuhasabah
melihat kembali jejak di masa lalu, untuk memandu langkah hari ini dan di masa yang akan datang jika masih diberi usia
apakah aku butuh usia panjang?
aku terkadang takut, jika usia yang panjang itu justru aku gunakan untuk hal yang tidak diridhoi-Nya
namun aku butuh untuk bertaubat dan beramal shalih
karena aku tahu aku hari ini belum tahu, masih butuh belajar, lalu beramal
amal-pun, belum tahu, mana yang benar-benar ikhlas karena Allah dan diterima oleh-Nya
ya Rabbi...
mengerikan memang diri ini
di satu saat iman tinggi karena taat, di satu saat iman rendah karena maksiat
oleh karenanya aku butuh nasihat
agar aku ingat terhadap akhirat
tempatku kelak kembali dan menerima balasan atas apa yang aku perbuat

lima tahun berselang
2013-2018
dan aku mengalami banyak hal
menemuni orang-orang baru dengan berusaha menjaga silaturahim dengan yang sebelumnya sudah kukenal lebih dulu, karena hakikatnya memperluas, bukan meninggalkan
banyak belajar dari orang-orang yang kutemui
alhamdulillaah
banyak hikmah, nasihat, pembelajaran yang Allah ajarkan lewat mereka
bimbinglah hamba agar mampu membaca maksud-Mu dan mampu menempuh jalan juang layaknya mereka ya Allah, aamiin, bismillah, yosh
banyak aktivitas yang aku ikuti
banyak tempat-tempat baru yang aku datangi
banyak kisah, cerita, pengalaman baru
banyak perasaan-perasaan baru yang aku rasakan :")
banyak pikiran-pikiran yang bergelayut
begitulah
alhamdulillaah
namun,
astaghfirullaah
adakah kondisi diriku hari ini lebih baik?
apakah kini aku sedang merasakan manisnya iman?
adakah kini aku menikmati lezatnya ibadah?

apa kabar sholat wajib lima waktu? sudahkah iya tepat, berjamaah, bahkan di rumah Allah? (masjid)
apa kabar dzikir setelah sholat?
apa kabar do'a-do'a selepas sholat?
apa kabar hati setelah sholat, apakah tenang? atau tetap gelisah?
apa kabar amal setelah sholat? apakah teraplikasikan nilai-nilai sholatnya?
apa kabar sholat sunnah sebelum dan sesudah wajib?
apa kabar dhuha setiap pagi?
apa kabar dzikir al-ma'tsurat?
apa kabar tilawah Al-Qur'an?
apa kabar hafalan Al-Qur'an?
apa kabar pemahaman akan Al-Qur'an dan ayat kauniyahnya, serta amaliyahnya?
apa kabar sholat tahajud tiap sepertiga malam?
apa kabar aktivitas menuntut ilmu dan beramal?
apa kabar hati ketika beramal? apakah benar ikhlas karena Allah semata?
apa kabar hubungan dengan sesama manusia atau muamalah?
apa kabar kualitas akal atau pikir? apakah terisi dengan makanan bergizi atau justru merusak diri?
apa kabar pergaulan, apakah semakin luas dan dalam?
apa kabar karya? apakah ada yang terlahir darinya?
apa kabar kesungguhan? apakah selalu menjadi asas?

ah, astaghfirullaah
ternyata lima tahun berselang
aku sama saja
bukankah aku merugi?
bukankah aku sangat merugi?

bukan semata usia dan jumlah waktu
namun, KUALITAS HIDUP
ya, bagaimana aku benar-benar bertekad MEMPERBAIKI DIRI
dari waktu-ke-waktu
karena merasa sudah baik adalah awal terhentinya proses memperbaiki diri
apalagi, kalau belum memulai sama sekali
menyedihkan

ingat Muth
besok kamu akan ditanya
1. untuk apa usia kamu gunakan?
2. masa muda?
3. harta dari mana?
4. buat apa harta tersebut dibelanjakan?
5. ilmu, mana buah berupa amal-nya?

astaghfirullaah
harusnya fokus mempersiapkan jawaban untuk kelima pertanyaan itu :(
astaghfirullaah
mari perbaiki NIAT, Muth
semoga masih ada kesempatan
SEKARANG JUGA!
semoga selalu dalam jalan taubatan nasuha
engga kembali ke kondisi sebelumnya lagi
berjanjilah Muth
pada dirimu sendiri
mohon pertolongan Allah
dan bergegas sepenuh kesungguhan
Allah Melihatmu
amal dan hatimu
semoga selamat dunia akhirat
bersama-sama
aamiin

Tidak ada komentar:

~ahlan wa sahlan~

kiko and miko are bestfriend :)