Sabtu, 25 Juni 2011

Semester 2 @ SMA IT ABY :-)

Assalamu'alaykum wr.wb sobat fiillaah :-)

Alhamdulillaah , hari ini terima raport . Dan hasilnyaa ,, Alhamdulillaah wastaghfirullaah .. Banyak hal yang harus di evaluasi dari proses belajar setahun yang lalu. Pertama, masalah niat dan tujuan apa aku belajar. Kini harus lebih up to date, yaitu ikhlas menuntut ilmu hanya untuk Allah semata :-) . Eh, aku dapet motto baru untuk penyemangat belajarku, "Prestasiku, dakwahku." . Semoga aktivitas ini mendapat ridho-Nya . Kedua, mengenai sistem belajarku yang masih kacau. Masih suka pake model SKS , padahal kalo kita mau bener-bener sukses, kita harus punya kepribadian yang sukses. Berarti harus mulai meninggalkan sistem SKS. Dengan cara, sebelum masuk kelas atau nerima penjelasan dari guru , kita kudu udah tau apa yang bakal dibahas dan kita udah mbaca2 tentang materi itu. Lebih baik lagi kalau kita udah nyiapin pertanyaan yang butuh dijawab :-) . Ketiga, management waktu dan prioritas. Aku nggak boleh menduakan salah satunya , semua punya haknya masing-masing , jadi harus seimbang dan adil membaginya :-) Ohya, olahraga itu efeknya kerasa banget untuk proses belajar. Kalau badan lebih fit dan enerjik mesti bakal lebih mudah nyerap ilmu itu :-) . Keempat, tentang apa yang aku catat. Aku harus bener2 paham apa yang aku catat. Mencatat itu bukan hanya menyalin apa yang dituliskan guru atau di dikte, tapi benar2 menulis point2 yang beliau ajarkan baik secara tulisan maupun lisan. Kelima, tidak ada istilah pilih-pilih pelajaran. Semua ilmu itu sama2 penting dan saling berkaitan, jadi kita tidak boleh hanya mempelajari sebagian saja padahal yang lain adalah bagian yang juga wajib kita ketahui :-). Keenam, ubah paradigma ujian=hapalan. Tetapi, ujian = uji pengetahuan. Sejauh mana kita menguasai ilmu itu. Sejauh mana kita paham tentang ilmu itu. Sejauh mana kita bisa menyelesaikan masalah dengan ilmu itu. Bagaimana kita bisa menjelaskan dan menerapan ilmu itu dalam kehidupan sehari-hari. Sejauh mana pengaruh ilmu itu terhadap keimanan dan kekaguman kita pada Sang Pemilik Ilmu :-) . Itulah UJIAN yang sesungguhnya :-)

Belajar, itu bukan perkara nyetak nilai raport. Tapi jauuh lebih daripada itu. Dalam proses belajar, kita dilatih untuk memiliki konsep belajar yang baik. Mental pemenang/juara. Dan yang pasti, untuk menjadi pemenang itu mutlak butuh persiapan. Nggak ada seorang pemenang itu instan. Semua ada sunnatullah-nya.

Belajar dari proses belajar selama ini , maka aku harus mengubahnya . Aku akan mencintai buku catatan dan buku paketku. Aku akan baca materi yang ada . Akan aku ulang :-) . Karena dengan itu aku tau tentang dunia, tau tentang apa yang ada di sekitarku . Aku cinta , dan aku ingin tau lebih banyak tentang ilmunya. Semoga Allah Sang Pemilik Ilmu memudahkan kita untuk menambah kekaguman dan kecintaan kita pada-Nya melalui ilmu-ilmu-Nya yang terserap oleh akal kita :-)

Syahidnaa Yaa Rabbii :-)

I believe that I CAN ! Innallaaha Ma'anaa :-)

Semangat ! Sukses dunia akhirat ^^9

Muthi'ah Sa'idah

Tidak ada komentar:

~ahlan wa sahlan~

kiko and miko are bestfriend :)