Minggu, 23 Juni 2013

*belajar* Birokrasi

Bismillah..
Latar belakang dari penulisan artikel ini adalah, karena inbox SMS saya penuh, jadi niatnya mau di pindah di blog. biar tetap terkenang dan bisa jadi bahan perenungan. *ceileh.

Birokrasi? tau apa aku tentang birokrasi. makanya, aku tanya seorang ustadz SMP-ku. kejadian ini (kepikiran tentang birokrasi), di mulai di tahun 2011. saat saya kelas XI SMA. saya merasa ada yang kurang beres di sekitar saya. sistem? ah terlalu berat rasanya berpikir tentang sistem. birokrasi? ah apalagi itu.. tapi aku tertarik dengan istilah ini. kata-kata 'birokrasi' ini, pertama kali aku dengar saat aku sedang mengikuti/menghadiri sebuah rapat di sebuah tempat. dengan peserta yang tidak biasa.. ya, aku penasaran apa itu birokrasi.. setelah aku search di google, ternyata baru paham maksudnya. yaitu, "suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer." (id.wikipedia.org). Intinya mah kayak rantai koordinasi/delegasi dari seseorang yang memiliki wewenang lebih, kepada orang yang di pimpinnya sesuai hierarki kekuasaan. 

tertarik untuk lebih paham tentang birokrasi, akhirnya aku tanya ustadzku,
"Ust, bagaimana ya caranya kita membangun sebuah birokrasi yang baik?", tanyaku polos lewat SMS.
"Satukan semua unsur yang akan di libatkan, rapatkan barisan, solidkan kekuatan, beri pemahaman pentingnya birokrasi yang baik." (pak ustadz, 10 Desember 2011) 

Subhanallah, jadi semangat aku. Nantang gitu kayaknya! :D akhirnya aku minta pendapat temen-temen OSIS ttg hal ini, dan jawaban mereka bagaikan udara segar yang makin menyulut keoptimisan;
pertama, aku tanya, 'aku dapet info kayak gini, menurut kalian birokrasi itu apa sih? penting ga sih?'
1. pusat kekuasaan dan koordinasi jelas. biar ga ada misscom soal perintah
2. kekompakan & kerjasama satu sama lain
3. jelas birokrasi penting! birokrasi tu kayak unsur kesuksesan dari suatu acara
4.ya pentinglah. kan biar semakin gampang buat dipertanggungjawabkan. kalo ga jelas kan ntar malah jadi bingung
5. pentingnya birokrasi itu, agar semua yang berjalan dalam sistem tersebut dapat berjalan baik. toh dengan berjalan baik akan menguntungkan semua pihak. kalo ga ada birokrasi, ntar hidup kita ancur amburadul. wong kita punya birokrasi tapi lemah gini aja udah aut-autan (berantakan-red), gimana kalo ga ada birokrasi? mungkin bisa jadi auw-auwowan. *abaikan kata terakhir :p
6. kita sama-sama memahami satu sama lain. harus solid. ngerjain sesuatu tu penuh kerjasama, ngga sendiri-sendiri. saling mendukung satu sama lain. kalo ada yang melakukan salah, sebaiknya di tegur atau di benarkan. pokoknya semuanya bareng-bareng..
7. birokrasi? seandainya birokrasi di artikan dalam artian tata cara ataupun aturan kerja, maka birokrasi itu penting. segala sesuatu tanpa cara adalah hampa tanpa makna. dan kalaupun tatacara itu sudah di susun secara deal/fix, semua belum tentu akan berjalan lancar, jika yang menjalankan tata cara itu belum saling memahami maknanya dan saling bersatu dalam menjalankannya. jadi, apa yang di katakan ustadz itu benar, baru setelah itu kita jalankan birokrasinya..
8. birokrasi dalam sebuah organisasi itu sangat penting. karena dengan adanya prosedur, sebuah organisasi itu akan berjalan sesuai prosedur dan berjalan denganbaik. jika belum ada prosedur atau tatacara dalam organisasi, maka organisasi itu akan berjalan apa adanya, ga tau harus kemana kita melangkah. nah, maka dari itu, birokrasi harus kita bangun..

super sekali kawan! meski kita masih awam tentang birokrasi. meski kita masih sangat asing dengan istilah ini. bahkan mungkin bentuk realnya, tapi, saya salut teman-teman telah memberi pandangannya. semoga penuh menfaat B-)

setiap waktu kita belajar. tentang apapun, termasuk tentang hal ini. tidak harus di konteks kan dalam bentuk organisasi besar, minimal mungkin di organisasi terkecil kita dulu, keluarga :)

selamat belajar, pemuda-pemudi harapan bangsa:) apapun yang kita pelajari hari ini, semoga bermanfaat di hari ini juga, atau kemudian hari :)




Tidak ada komentar:

~ahlan wa sahlan~

kiko and miko are bestfriend :)